Senin, 17 Maret 2008

PERKEMBANGAN SEKSUALITAS DI MASA REMAJA

Banyak orang tua yang tidak mampu menjelaskan berbagai perubahan fisik dan psikologis yang terjadi pada anak mereka ketika menginjak remaja. Padahal anak memerlukan bantuan orang tuanya untuk mengerti tentang hal tersebut. Bagi remaja perempuan misalnya mengapa tiba-tiba alat kemaluannya mengeluarkan darah?, atau payudaranya membesar, atau temannya telah mendapatkan menstruasi sedangkan dirinya belum?, atau kenapa seorang remaja putrid tiba-tiba tidak bersedai lagi diajak oleh orang tuanya pergi bersama dan lebih memilih pergi dengan teman prianya?, dsb.

Banyak orang tua yang karena bingung, justru menjadi khawatir dengan perkembangan seksualitas anak remaja mereka. Untuk itu perlu untuk selalu mengingatkan orang tua untuk bersikap lebih santai terhadap perkembangan seksualitas anak remajanya.

Jelaskan bahwa sebenarnya masa remaja juga dapat dilihat sebagai suatu proses alamiah yang indah dalam kehidupan anaknya. Masa remaja dapat dilalui dengan baik dengan bantuan orang tuanya dalam bentuk sikap bersahabat orang tua ditambah pemahaman akan perkembangan seksualitas.

Bagaimana orang tua dapat mengetahui bahwa anak remaja mereka sedang mengalami perkembangan seksualitas?

Tanda bahwa sedang terjadi perkembangan seksual remaja adalah remaja mulai menunjukkan ketertarikan pada lawan jenis atau orang lain. Remaja merasa senang bila ada orang yang sangat disukai, dan terkadang mereka sudah mulai mengenal perasaan terhadap apa yang disebut pacar dan apa yang disebut teman biasa.

Tetapi remaja juga sering menunjukkan tanda perkembangan seksualitas dengan cara yang salah seperti merokok, minum obat terlarang, dan bahkan juga melakukan hubungan seksual. Sebenarnya banyak di antara mereka melakukan hal itu hanya untuk menunjukkan bahwa fungsi seksualnya sudah berkembang. Ia merasa bangga dan ingin tahu sampai seberapa jauh kehebatannya.

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India